Langsung ke konten utama

Sekolah Orang Baik


“Assalamualaikum. Aku pulang…”, teriak Aisyah saat memasuki rumah.
“Waalaikumsalam. Sudah pulang to jagoan Ayah satu ini.”, kata Ayah sambil memeluk Aisyah.
“Loh, kok mukanya cemberut gitu? Habis dimarahin Ibu ya?”
“Bukan karena Ibu Yah. Aisyah sedih. Pagi tadi Aisyah dapat kabar kalau Pak Guru sedang dirawat di rumah sakit Yah.”, jawab gadis kecil itu.
“Pak Guru opname Nak? Ayah baru tau.”
“Ayah, kenapa sih orang seperti Pak Guru harus sakit? Padahal Pak Guru baik banget sama Aisyah Yah.”
“Hmmh… emang iya? Kalo Ayah baik juga enggak sama Aisyah?”. Canda Ayah sambil mencubit pipi anaknya.
“Yah Ayah… serius nih.”, gerutu Aisyah. “Aisyah kasian sama Pak Guru. Aisyah tahu kalau Pak Guru rajin sholat, rajin ngaji, suka bantu Aisyah kalau Aisyah sulit ngerjain Matematika. Apa Allah sedang tidur ya Yah?”
“Wah, anak Ayah perhatian sama Pak Gurunya ya ternyata. Sini Nak, kemari duduk dulu. Ayah kasih tahu sesuatu.”, jawab Ayah sambal mengajak Aisyah untuk duduk di kursi.
“Serius ya Yah? Awas deh kalo bercanda lagi. Aisyah gak mau mijetin Ayah lagi nanti.”
“Haha, iya iya, serius kok.”

“Begini, Allah, Tuhan kita tidak pernah tidur Nak. Allah Maha Melihat dan Maha Mengetahui.”
“Lalu kenapa orang baik diberi sakit Yah sama Allah?”, potong Aisyah.
“Itu biar orang baik seperti Pak Guru bisa naik kelas Nak.”
“Naik kelas? Maksut Ayah? Emang Pak Guru sedang sekolah Yah?”
“Haha, iya Nak. Sekolahnya Allah yang isinya orang-orang baik semua., sepeti Pak Guru. Gini deh, Ayah Tanya. Selama ini di sekolah, kenapa sih Aisyah mau ikut ujian kenaikan? Kenapa gak bolos aja?”
“Ya biar bisa naik kelas dong Yah. Kalau Aisyah bolos, Aisyah ketinggalan sama temen-temen yang lain dong…”
“Benar sekali. Itu juga yang saat ini Pak Guru sedang alami Nak. Pak Guru sedang menghadapi ujian dari Allah. Biar nanti Pak Guru bisa naik kelas di sekolahnya Allah.”
“Hmmh... Aisyah gak paham sama yang Ayah omongin.”. Aisyah menggelengkan kepala.
“Jadi Nak, saat Allah mencintai hamba-Nya, maka Allah akan menguji orang tersebut Nak. Seperi Pak Guru yang dicintai Allah, tentu Allah akan mengujinya. Hingga dosa-dosanya nanti akan diampuni dan pahalanya ditambah jika mampu bersabar. Nah, akhirnya kalau Pak Guru bisa lulus, Pak Guru akan masuk ke surganya Allah Nak. Begitulah sekolahnya orang baik.”

“Emh… gitu ya Yah? Jadi Pak Guru murid di sekolahnya Allah? Jadi Pak Guru dicintai Allah Yah?”
“Iya dong, kan Pak Guru orang baik, rajin sholat, rajin ngaji, dan sebagainya. Aisyah juga gitu, kalau Aisyah jadi orang baik, Aisyah bisa sekolah di sana.”
“Wah, nanti Aisyah sekolah lagi dong Yah?”
“Iya, kan biar Aisyah masuk surga. Mau gak Aisyah masuk surga?”
“Mau! Mau! Mau dong Yah. Nanti kalo Aisyah di surga, Ayah aku ajak deh.”
“Haha oke. Awas ya kalau lupa. Aisyah mau jadi orang baik kan? Sini pijetin Ayah.”
“Yah Ayah, kan tadi pagi sudah dipijetin, masak sekarang lagi.”, gerutu Aisyah.

Sore itu beranjak gelap. Saat burung-burung mulai menutupkan sarangnya dan matahari menghilang di peraduan. Sekolah orang baik akan selalu ada di dunia.  Mereka, orang baik, harus bersabar menitih pelajarannya. Hingga tiba hari kelulusan, saat kesabaran tersebut akan tergantikan dengan surga yang merindukan.

***


Apakah mereka mengira bahwa mereka akan dibiarkan hanya dengan mengatakan: “Kami telah beriman”, dan mereka tidak diuji?
(Al-Ankabut: 2)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harga Sebuah Senyuman

Selalu ada hal-hal kecil yang begitu berharga, namun tak ternilai dengan harta. *** Senyuman itu tak berbiaya. Tetapi manfaatnya luar biasa. Memperkaya yang menerima. Tak memiskikankan pemberinya. Saat ini, jadilah aku pekerja, mencari cara untuk meminta senyuman berharga. Teristimewa dari orang-orang sekitar. Menghapus lara serta duka yang melingkar. Menyingkirkan kusut yang memberingsut. Sirna lelah karena masalah. Favorit! Hal itu akan menjadi pekerjaan kesukaanku nantinya. Bagaimana berupaya untuk membuatnya tersenyum. Lepas. Bahagia. Cantik. Orang bilang sebagai senyuman, senyuman yang begitu menenangkan. Memberikan kehangatan meski lisan tak terucapkan. Kelak nanti dalam sejarah cerita, senyuman itu akan selalu mengingatkan, bahwa di baliknya ada perjuangan berharga yang tidak ternilaikan, ada perasaan suci yang berusaha dijaga murni, sebaik-baiknya, selama-lamanya. Senyuman itu. Kelak, harus kujaga. Setiap terangnya hingga gelapnya. Bangunnya dan juga tidu

Segenap Kekurangan

Captured April 6, 2021 Menjalani kehidupan di jenjang yang berbeda membutuhkan penyesuaian. Dalam segala hal. Terlebih bagi seorang pasangan suami istri yang menjalani kehidupan 24 jam Bersama. Seperti halnya pasangan yang lain, sudah tentu masing-masing dari kami memiliki banyak kekurangan. Satu hal yang kupercaya, bahwa Allah SWT. mempertemukan kedua insan dalam bahtera rumah tangga, pasti keduanya dipertemukan untuk saling melengkapi kekurangan-kekurangan itu. Sampai detik ini, dengan segala kekuranganku yang terjaga dengan kelebihan istriku, aku berjanji untuk selalu mencoba menjadi lebih baik dari sebelumnya. Menjadi seorang imam yang baik, seorang sahabat yang peduli, seorang teman yang baik bagi dirinya. Aku berjanji… Ah iya.. foto itu diambil saat piknik di Glamping Jogja. Dengan 2 buah sepeda lipat yang sudah jarang terpakai… :p Mudah-mudahan bisa terpakai lagi dengan latar foto yang berbeda 😊

A Hope

Jika keyakinan adanya kehidupan lain setelah kehidupan di dunia ini terpatri, sungguh tidak akan ada ruang bagi kita untuk berhenti berharap Pernah mendengar suatu kisah tentang empat lilin? Mungkin kisah ini udah familiar sekali. Dalam suatu ruangan sunyi, ada empat buah lilin yang menyala, namun perlahan, sedikit demi sedikit habis meleleh. Karena begitu sunyinya, terdengarlah percakapan antara mereka. Lilin yang pertama berkata “Aku adalah DAMAI.” “Namun manusia tak lagi mampu menjagaku, maka lebih baik aku mematikan saja diriku..”. Demikian, sedikit demi sedikit sang lilin pun padam. Tersisalah tiga lilin yang masih menyala. Kemudian berkatalah lilin yang kedua, “Aku adalah IMAN.” “Namun sayang, manusia tak mau mengenaliku.” Begitu selesai bicara, tiupan angin memadamkannya. Tersisalah dua lilin yang masih menyala. Kemudian berkatalah lilin yang ketiga, “Aku adalah CINTA.” “Tak mampu lagi aku tetap menyala. Manusia tidak lagi memandang dan menganggapk