Langsung ke konten utama

Para Pemimpi #Part 1 : Bermimpilah besar!

Inspired Book : “Man Shabara Zhafira”
By : Ahmad Rifa’I Rif’an


       Hidup berawal dari mimpi. Sebuah slogan yang nyatanya mengandung makna yang sangat dalam apabila kita pelajari. Tidak bisa dibayangkan, apabila para pendahulu kita bukanlah seorang pemimpi. Mungkin saat ini, kita tidak bisa merasakan kenikamatan lebih dan kemudahan dalam hidup. Wright bersaudara, mereka adalah seorang pemimpi. Thomas Alva Edison juga seorang pemimpi. Barangkali kalau mereka bukan seorang pemimpi, kita tidak bisa merasakan keindahan malam dengan lampu – lampu yang menyinari, sampai kemudahan dengan pesawat terbang dalam menggunakan transportasi.

Mereka hidup dengan mimpi.
Mereka itulah seorang pemimpi.

        Dalam kisah lainnya, mengenai seorang pemimpi. Pada tahun 1898, di kala seseorang berani mengatakan bahwa 50 tahun lagi akan berdiri negara Yahudi raya di Palestina, maka hal itu menjadi bahan tertawaan orang – orang. Tapi lihatlah, tepat 50 tahun kemudian, nyatanya berdirilah negara Yahudi, Israel. Siapakah orang itu? Yap, Theodore Hertzl namanya. Meski jahat, ia juga seorang pemimpi. Masih banyak beribu – ribu pemimpi lainnya yang telah menorehkan namanya di jejak sejarah dunia. Maka, yang jadi pertanyaan adalah,

       “Wahai Saudaraku, sudahkah Anda bermimpi?”

     Mimpi dengan hidup, ibarat kompas bagi para petualang. Ibarat sketsa yang menjadi desain bangunan. Ibarat peta yang menjadi petunjuk jalan. Sebagai contoh, dengan menggunakan peta tentunya kita memiliki suatu patokan yang akan digunakan untuk mencari kota yang kita tuju. Dengan peta, kita bisa sampai di kota tujuan dengan waktu yang tepat, bahkan bisa lebih cepat. Tidak membuang waktu untuk nyasar segala. Bayangkan, ketika kita tidak mempunyai peta di tengah ketersesatan, maka kita tidak bisa sampai di kota tujuan, atau mungkin sampai, tetapi dengan waktu yang lama.

     Begitu juga, hidup tanpa impian. Tanpa disadari, kita hidup tanpa arah. Tanpa disadari, kita tidak tahu arah mana yang kita tuju. Tanpa disadari, kita menjadi seseorang yang gagal di tengah keberhasilan para pemimpi.

         Maka bermimpilah!
        Jangan takut untuk bermimpi.
        Jangan pernah meremehkan mimpi.

      Hidup cuma sekali. Tidakkah kita berpikir bahwa hidup menjadi sia – sia ketika kita tidak memilih untuk bermimpi?
      Sebuah riset pernah dilakukan terhadap lulusan MBA (Master of Business Administration) di Harvard Business School. Pada tahun 1979 para lulusan MBA diberi sebuah pertanyaan, “Apakah Anda telah menyusun suatu rencana hidup dengan jelas, spesifik dan tertulis?” Dan hasilnya, sebagian dari mereka telah memiliki rencana hidup yang jelas, spesifik, dan tertulis, sebagian lain telah memiliki rencana hidup yang jelas, spesifik, tetapi tidak tertulis, dan sisanya ada yang belum memiliki rencana hidup.
      Sepuluh tahun kemudian, dilakukan wawancara ulang terhadap semua responden yang pernah diberi pertanyaan tersebut. Hasilnya, mereka yang memiliki rencana hidup yang jelas dan spesifik namun tidak tertulis, memiliki penghasilan rata – rata dua kali lipat dibandingkan mereka yang tidak memiliki rencana hidup. Yang luar biasa, mereka yang memiliki rencana hidup yang jelas, spesifik dan menuliskannya, memiliki rata – rata penghasilan sebanyak sepuluh kali lipat dari lainnya.
       Dari situ, pelajaran yang bisa kita ambil adalah bagaimana kita menyusun mimpi – mimpi kita. Buatlah semua mimpimu itu jelas dan spesifik. Kemudian, tuliskanlah! Lakukan dengan penuh kebanggaan dan harapan. Dengan menuliskannya, itu menjadi cara bagi kita untuk memelihara mimpi – mimpi kita.

      Wahai Saudaraku, kita sebagai umat muslim sudah memiliki satu point lebih dari yang lain. Ketika kita bermimpi, maka mintalah kepada Allah SWT, mohonlah kepada Dzat Yang Maha Kuasa atas segala suatu. Sungguh, bukanlah menjadi perkara yang sulit bagi Allah untuk mengabulkan doa hambaNya. Bahkan, Allah sudah menjanjikan dalam firmanNya yang indah,

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku.’ (QS. Al – Baqarah : 186)

      Kalau Allah sudah menjamin seperti itu, lalu dengan pilihan bermimpi atau tidak, mengapa kita memilih tidak? Dengan pilihan memiliki impian kecil atau besar, mengapa kita memilih impian kecil? Maka, tegaskanlah dalam diri kita, jadilah seorang pemimpi dan bermimpilah besar!

Komentar

  1. Destination should be determined first, only then you can find the right map ya mo..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harga Sebuah Senyuman

Selalu ada hal-hal kecil yang begitu berharga, namun tak ternilai dengan harta. *** Senyuman itu tak berbiaya. Tetapi manfaatnya luar biasa. Memperkaya yang menerima. Tak memiskikankan pemberinya. Saat ini, jadilah aku pekerja, mencari cara untuk meminta senyuman berharga. Teristimewa dari orang-orang sekitar. Menghapus lara serta duka yang melingkar. Menyingkirkan kusut yang memberingsut. Sirna lelah karena masalah. Favorit! Hal itu akan menjadi pekerjaan kesukaanku nantinya. Bagaimana berupaya untuk membuatnya tersenyum. Lepas. Bahagia. Cantik. Orang bilang sebagai senyuman, senyuman yang begitu menenangkan. Memberikan kehangatan meski lisan tak terucapkan. Kelak nanti dalam sejarah cerita, senyuman itu akan selalu mengingatkan, bahwa di baliknya ada perjuangan berharga yang tidak ternilaikan, ada perasaan suci yang berusaha dijaga murni, sebaik-baiknya, selama-lamanya. Senyuman itu. Kelak, harus kujaga. Setiap terangnya hingga gelapnya. Bangunnya dan juga tidu

Segenap Kekurangan

Captured April 6, 2021 Menjalani kehidupan di jenjang yang berbeda membutuhkan penyesuaian. Dalam segala hal. Terlebih bagi seorang pasangan suami istri yang menjalani kehidupan 24 jam Bersama. Seperti halnya pasangan yang lain, sudah tentu masing-masing dari kami memiliki banyak kekurangan. Satu hal yang kupercaya, bahwa Allah SWT. mempertemukan kedua insan dalam bahtera rumah tangga, pasti keduanya dipertemukan untuk saling melengkapi kekurangan-kekurangan itu. Sampai detik ini, dengan segala kekuranganku yang terjaga dengan kelebihan istriku, aku berjanji untuk selalu mencoba menjadi lebih baik dari sebelumnya. Menjadi seorang imam yang baik, seorang sahabat yang peduli, seorang teman yang baik bagi dirinya. Aku berjanji… Ah iya.. foto itu diambil saat piknik di Glamping Jogja. Dengan 2 buah sepeda lipat yang sudah jarang terpakai… :p Mudah-mudahan bisa terpakai lagi dengan latar foto yang berbeda 😊

A Hope

Jika keyakinan adanya kehidupan lain setelah kehidupan di dunia ini terpatri, sungguh tidak akan ada ruang bagi kita untuk berhenti berharap Pernah mendengar suatu kisah tentang empat lilin? Mungkin kisah ini udah familiar sekali. Dalam suatu ruangan sunyi, ada empat buah lilin yang menyala, namun perlahan, sedikit demi sedikit habis meleleh. Karena begitu sunyinya, terdengarlah percakapan antara mereka. Lilin yang pertama berkata “Aku adalah DAMAI.” “Namun manusia tak lagi mampu menjagaku, maka lebih baik aku mematikan saja diriku..”. Demikian, sedikit demi sedikit sang lilin pun padam. Tersisalah tiga lilin yang masih menyala. Kemudian berkatalah lilin yang kedua, “Aku adalah IMAN.” “Namun sayang, manusia tak mau mengenaliku.” Begitu selesai bicara, tiupan angin memadamkannya. Tersisalah dua lilin yang masih menyala. Kemudian berkatalah lilin yang ketiga, “Aku adalah CINTA.” “Tak mampu lagi aku tetap menyala. Manusia tidak lagi memandang dan menganggapk