Langsung ke konten utama

Rute yang Tepat

Adakah di antara kita ada yang mengetahui pasti masa depan masing-masing?
Aku mulai dari pertanyaan itu. Pertanyaan itu muncul setelah saya berbincang-bincang dengan seseorang yang kalau boleh saya bilang, begitu gigih memerjuangkan hidupnya. Bukan berasal dari keluarga yang mampu. Sehingga ia harus bertempur ‘sendiri’ melawan kerasnya dunia ini. Saya tahu beliau melakukan banyak pekerjaan agar dapat mencukupi kebutuhan hidup dirinya. Banyak pekerjaan. Mulai dari mengumpulkan barang-barang plastik sampai dengan berjualan baju batik. Salah satu hal yang saya dapat dari perbincangan itu, beliau mengatakan, “apapun pekerjaannya selama itu tidak dilarang dalam agama dan negara, yaudah saya lakoni saja”. Saya sendiri mengambil banyak pelajaran dari beliau.
Oke, kembali ke pertanyaan awal tadi. Saya pikir, kita sudah tahu jawabannya. Tentu tidak. Tidak ada orang yang tahu pasti bagaimana masa depannya. Tidak ada yang tahu pasti akan menjadi apa dirinya sepuluh tahun mendatang. Bahkan, dalam lingkup yang sempit lagi, seseorang tidak tahu pasti apa yang akan terjadi pada dirinya esok hari. Seorang manusia hanya bisa merencakan.
Sebuah perumpamaan tentang hal itu adalah seorang yang mengendarai mobil menuju tempat tujuannya. Kita ambil contoh seseorang yang ingin pergi ke sekolah dengan mengendarai mobil dari rumah. Orang tersebut keluar rumah kemudian masuk ke dalam mobil yang terparkir di jalan depan rumahnya. Pertanyaannya, apakah seseorang itu ketika berada di mobil sudah dapat melihat sekolah itu di ujung jalannya? Tentu tidak. Mobil tersebut harus berjalan terlebih dahulu melalui rutenya sehingga pada akhirnya di ujung jalan yang ia lalui, terlihatlah sekolah tersebut.
Kita tidak pernah tahu masa depan kita akan seperti apa. Dalam kacamata kita sebagai muslim, Allah SWT. sudah berjanji melalaui firmannya :

“Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan” (QS. An Nahl : 97)

 Sebuah janji yang pasti, tidak akan tidak. Itu artinya, dalam pemahaman saya, ketika kita ingin memiliki kehidupan yang baik, maka yang perlu kita lakukan adalah beriman kepada Allah SWT, kemudian mengerjakan amal saleh. Tidak perlu kita berangan-angan jauh melampui hari ini. Justru lihatlah sekarang, lihatlah hari ini, kita punya kewajiban sholat lima waktu. Apakah sudah berjalan baik? Lihatlah, kita punya kesempatan untuk melaksanakan sholat rawatib, maukah kita melaksanakan? Begitu pula dengan amal-amal saleh yang lainnya, shalat dhuha, tahajud dan lain-lain. Kalau kita punya kesempatan itu, yaudah lakoni saja. Percayalah di masa depan nanti janji Allah itu akan terbukti. 


  Maka, di saat kita berkendara, kita memang belum dapat melihat tujuan tempat kita saat itu. Yang perlu kita pastikan adalah kita berjalan di rute yang tepat. Hingga akhirnya tujuan itu pun akan terlihat jelas pada waktunya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harga Sebuah Senyuman

Selalu ada hal-hal kecil yang begitu berharga, namun tak ternilai dengan harta. *** Senyuman itu tak berbiaya. Tetapi manfaatnya luar biasa. Memperkaya yang menerima. Tak memiskikankan pemberinya. Saat ini, jadilah aku pekerja, mencari cara untuk meminta senyuman berharga. Teristimewa dari orang-orang sekitar. Menghapus lara serta duka yang melingkar. Menyingkirkan kusut yang memberingsut. Sirna lelah karena masalah. Favorit! Hal itu akan menjadi pekerjaan kesukaanku nantinya. Bagaimana berupaya untuk membuatnya tersenyum. Lepas. Bahagia. Cantik. Orang bilang sebagai senyuman, senyuman yang begitu menenangkan. Memberikan kehangatan meski lisan tak terucapkan. Kelak nanti dalam sejarah cerita, senyuman itu akan selalu mengingatkan, bahwa di baliknya ada perjuangan berharga yang tidak ternilaikan, ada perasaan suci yang berusaha dijaga murni, sebaik-baiknya, selama-lamanya. Senyuman itu. Kelak, harus kujaga. Setiap terangnya hingga gelapnya. Bangunnya dan juga tidu

Segenap Kekurangan

Captured April 6, 2021 Menjalani kehidupan di jenjang yang berbeda membutuhkan penyesuaian. Dalam segala hal. Terlebih bagi seorang pasangan suami istri yang menjalani kehidupan 24 jam Bersama. Seperti halnya pasangan yang lain, sudah tentu masing-masing dari kami memiliki banyak kekurangan. Satu hal yang kupercaya, bahwa Allah SWT. mempertemukan kedua insan dalam bahtera rumah tangga, pasti keduanya dipertemukan untuk saling melengkapi kekurangan-kekurangan itu. Sampai detik ini, dengan segala kekuranganku yang terjaga dengan kelebihan istriku, aku berjanji untuk selalu mencoba menjadi lebih baik dari sebelumnya. Menjadi seorang imam yang baik, seorang sahabat yang peduli, seorang teman yang baik bagi dirinya. Aku berjanji… Ah iya.. foto itu diambil saat piknik di Glamping Jogja. Dengan 2 buah sepeda lipat yang sudah jarang terpakai… :p Mudah-mudahan bisa terpakai lagi dengan latar foto yang berbeda 😊

A Hope

Jika keyakinan adanya kehidupan lain setelah kehidupan di dunia ini terpatri, sungguh tidak akan ada ruang bagi kita untuk berhenti berharap Pernah mendengar suatu kisah tentang empat lilin? Mungkin kisah ini udah familiar sekali. Dalam suatu ruangan sunyi, ada empat buah lilin yang menyala, namun perlahan, sedikit demi sedikit habis meleleh. Karena begitu sunyinya, terdengarlah percakapan antara mereka. Lilin yang pertama berkata “Aku adalah DAMAI.” “Namun manusia tak lagi mampu menjagaku, maka lebih baik aku mematikan saja diriku..”. Demikian, sedikit demi sedikit sang lilin pun padam. Tersisalah tiga lilin yang masih menyala. Kemudian berkatalah lilin yang kedua, “Aku adalah IMAN.” “Namun sayang, manusia tak mau mengenaliku.” Begitu selesai bicara, tiupan angin memadamkannya. Tersisalah dua lilin yang masih menyala. Kemudian berkatalah lilin yang ketiga, “Aku adalah CINTA.” “Tak mampu lagi aku tetap menyala. Manusia tidak lagi memandang dan menganggapk